Sabtu, 20 Juli 2019

sejarah singkat Bahasa Indonesia

Sejarah Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu baku yang dijadikan sebagai bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Di Timor Leste, bahasa Indonesia berstatus sebagai bahasa kerja.

Bahasa Indonesia di tetapkan menjadi Bahasa nasional pada tanggal 28 Oktober 1928, dimana pada tanggal tersebut para pemuda dari seluruh nusantara berkumpul dan berikrar Sumpah Pemuda, yaitu :

1. Bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia
2. Berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, dan
3. Menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Pada dasarnya diberikan nama "Bahasa Indonesia" karna untuk menghindari kesan imperialisme bahasa apabila menggunakan nama Bahasa Melayu. Kemudian pada tanggal 18 Agustus 1945, bahasa Indonesia menjadi bahasa negara dan terkandung dalam UUD 1945 Bab XV, Pasal 36.

Bahasa Indonesia berasal dari Bahasa melayu. Awal mulanya adalah ketika kerajaan Sriwijaya maju ke wilayah Asia Tenggara menggunakan bahasa Melayu Kuno sebagai bahasa perantara dengan kerajaan lain. Hal ini dibuktikan dengan adanya prasasti di Kedukan Bukit di Palembang berangka tahun 683 M. Kemudian kota kapur di Bangka Barat berangka tahun 686 M dan Karang Brahi di Jambi berangka tahun 688 M.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar